Google

Perkembangan Teknologi dan Informasi di Revolusi Industri 4.0

Perkembangan teknologi dan informasi semakin maju dan pesat. Sekarang ini kita sudah memasuki di perkembangan zaman revolusi industri 4.0. Berbagai penemuan dan inovasi semakin berkembang di berbagai segala sektor, lain halnya dengan tempo dulu.
 
Semisal; dalam penggunaan media online untuk mencari informasi terkini. Bukti dari perkembangan teknologi dan informasi sangat bermanfaat, jika kita dapat memanfaatkannya dengan baik dan tepat.
 
Berbagai startup perusahaan berlomba-lomba memasarkan produk-produknya melalui media online untuk meningkatkan nilai penjualan dan terus berinovasi produk terbaiknya untuk para konsumen.
 
Karena, para Chief Executive Officer (CEO) startup  perusahaan dan pemilik modal (investor) mengetahui potensi pasar di zaman digital ini semakin meningkat dan berkembang. Bermodal data internet melalui smartphone atau laptop, dengan hanya mencari kata kunci di Google sesuai apa yang akan Anda cari.
 
Semua informasi, barang, dan lain sebagainya sudah ada di kolom pencarian. Berbeda jika, Anda menggunakan media konvesional lainnya yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencari sesuatu dan mendapatkan informasi terbaru.
 
Di zaman media online ini, situs web atau blog semakin tumbuh dan berkembang jika dibandingkan zaman dulu. Perusahaan dan perorangan sudah banyak yang membuat website atau blog untuk kepentingannya masing-masing.
 
Lantas di tahun ini, apakah Anda tertarik membuat situs web untuk membangun bisnis atau blog untuk menunjang profesionalitas Anda.?
 
Jika Anda tertarik untuk membuat website atau blog, silakan Anda lanjutkan untuk membaca artikel ini. Dalam pembahasan kali ini, saya akan berbagi perihal membuat website atau blog untuk Anda.
 
Algoritme mesin pencari Google sekarang ini sudah berkembang dari waktu ke waktu, faktor-faktor terkait mesin penelusur seperti Google yang perlu Anda perhatikan yaitu teknik menggunakan Search Engine Optimization (SEO).
 
Search Engine Optimization (SEO) dilakukan untuk optimalisasi bagi mesin penelusuran seperti Google, agar website atau blog Anda dapat bersaing dan bisa masuk ke halaman pertama di Google. Search Engine Optimization (SEO) terdapat dua bagian yaitu; Search Engine Optimization (On-Page) dan Search Engine Optimization (Off-Page).
 
Perbedaan pada dua bagian tersebut tidak akan saya bahas di artikel ini, saya akan lebih memfokuskan untuk pembahasan langkah-langkah dasar membuat sebuah website atau blog. Berikut ini langkah-langkah dasar yang dapat Anda perhatikan;
 

Memilih CMS

Sebelum membuat website atau blog, pasti Anda akan dihadapkan untuk memilih platform apa yang akan digunakan. Terdapat berbagai platform yang dapat Anda pakai, dari yang gratis dan berbayar. Anda dapat menggunakan versi gratis dari Blogspot atau WordPress.
 
Jika Anda serius memulai berbisnis dan membutuhkan website atau blog untuk menunjang profesionalitas, saya sarankan menggunakan self-hosting.
 
Dengan menggunakan self-hosting; Anda akan lebih memiliki keleluasaan untuk mengatur website atau blog yang akan dibuat, juga memiliki kepercayaan yang lebih di mata konsumen dan pengunjung, daripada menggunakan platform yang gratis.
 

Menentukan Hosting

Hosting yaitu; sebuah tempat atau perusahaan yang menyediakan jasa layanan untuk menyimpan data dan file-file Anda yang ada di intenet. Web hosting juga yang akan mengurus penyewaan server untuk mengakomodasi konektivitas internet Anda, sehingga pengguna yang mengunjungi website atau blog Anda dapat mengakses semua file yang ada di internet tanpa kendala.

Jika menggunakan self-hosting, maka Anda harus menentukan domain dan hosting untuk website atau blog yang akan Anda buat.

Domain yaitu; nama dari website atau blog yang akan Anda pakai di internet, domain juga dapat diibaratkan alamat rumah Anda. Nama domain ini dipakai untuk mengingat nama server yang akan dikunjungi, tanpa harus menyimpan deretan angka-angka yang rumit. Kumpulan deretan angka-angka tersebut sering disebut alamat internet protokol (Address Internet Protocol).
 
Sedangkan untuk hosting yaitu; tempat di mana untuk menyimpan data dan file-file website atau blog yang akan Anda buat, hosting juga dapat diibartkan tempat yang Anda tinggali. Saat ini hosting di Indonesia sudah banyak, tapi minim yang menyediakan jasa hosting yang berkualitas.
 
Jika Anda berminat, saya sarankan untuk menggunakan domain dan hosting di Siteground. Silakan Anda tentukan hosting apa yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Domain blog saya ini, saya beli di DewaWeb dan server hosting-nya menggunakan di Siteground.
 

Konten yang Berkualitas

Setelah menentukan platform yang akan Anda pakai. Langkah selanjutnya yaitu melakukan pengaturan untuk website atau blog, untuk tahap ini dapat dikonsultasikan langsung melalui layanan service yang disediakan oleh hosting yang sudah Anda tentukan.
 
Pada tahap untuk pembuatan konten website yang berkualitas; Anda dapat memfokuskan manfaat dan kelebihan-kelebihan produk bisnis atau jasa yang Anda sediakan untuk para konsumen.
 
Sementara untuk pembuatan konten blog yang berkualitas; Anda dapat menentukan niche (konten yang lebih spesifik), blog otoritas (keahlian di bidang tertentu), blog traveling ( perjalanan dan wisata), atau juga dapat berbagai macam topik yang ingin Anda buat untuk konten blog.
 
Itu semua kembali kepada Anda, sebagai seorang penulis. Hal yang perlu Anda ketahui pada saat akan membuat konten yaitu; jangan lakukan copy paste artikel orang lain dan pahami benar unggahan foto yang tepat, dan juga pahami bagaimana gunakan foto yang bebas lisensi, agar tidak ada yang dirugikan.
Revolusi Industri 4.0
Untuk jumlah kata yang akan Anda tulis, tidak ada minimal dan batasan. Akan tetapi saya memilih untuk menulis 700-1.200 kata sudah cukup. Karena, tidak semua pembaca suka membaca bacaan yang panjang lebar. Buatlah konsep (daftar isi) untuk pembuatan konten yang baik dan tepat.
 
Setelah membuat konten selesai, bagikan di media sosial untuk mendapatkan trafik pengunjung. Silakan Anda submit di Google Console yang berguna untuk mengindeks artikel yang sudah Anda buat agar mudah ditemukan di mesin pencarian.
 
Saya rasa cukup demikian deskripsi cara langkah-langkah membuat situs web atau blog. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan silakan bagikan artikel ini, agar bermanfaat untuk yang lainnya. Terima kasih, sudah berkenan berkunjung dan membaca.