Fiksioner

Menggunakan Fiksioner Free Blogger Template untuk Platform Blogspot

Sudah lama saya mencari template mana yang cocok dan tepat buat blog pribadi saya ini. Sebenarnya template di platform blogspot juga banyak dan beragam, akan tetapi saya sudah monoton untuk menggunakannya. Waktu itu, saya sudah mencari dan mencoba template-template baru untuk blog pribadi saya ini.
 
Setelah saya mencari dan mencoba menggunakan template yang sudah saya download sebelumnya, tetap saja masih kurang tepat bagi saya pribadi. Saya ini orangnya simple; tidak suka menggunakan template yang hiperbola.
 
Bagi saya; menggunakan template yang simple, navigasinya yang jelas untuk para pengunjung (visitors), dan juga untuk kemudahan mesin robot pencari saat meng-crawl suatu situs atau blog itu jauh lebih penting. Daripada pusing memikirkan template yang hiperbola dan tidak jelas.
 
Waktu semasa kuliah dulu, saya paling malas kalau ikut kelas bahasa pemrograman. Tapi sekarang ini, sudah ada minat untuk belajar bahasa pemrograman. Sekaligus, ingin belajar lebih dalam lagi tentang teknologi informasi dan juga merintis blog pribadi saya ini.

 

FiksionerSaya mencoba blogwalking di blognya Igniel, membaca artikelnya tentang Template Fiksioner. Sebelum saya review Menggunakan Fiksioner Free Blogger Template untuk Platform Blogspot‘. Alangkah lebih baiknya, kita mengetahui dulu siapa beliau ini.

Saya kira dulu, admin Igniel.com ini seorang pria. Ternyata saya keliru, beliau ini perempuan dari Jawa Barat yang menekuni blogging Bjita sejak tahun 2008.

Akan tetapi, pada tahun 2016. Beliau menjadi blogger yang lebih suka berbagi mengenai tutorial dan informasi; seputar sosial media, spesialis blogger di platform blogspot, dan juga monetize sites media advertising lainnya.

Selain itu juga, beliau juga hoby traveling dan naik gunung. Semoga lain waktu saya ada kesempatan berkunjung di Jawa Barat lagi. Entah sekadar backpacker atau naik gunung ke sana. Sebelum masuk pembahasan lebih dalam, kita pahami dulu apa itu Template

Template

merupakan struktur kode dan desain yang ditulis pada bentuk bahasa pemrograman yang telah dibuat oleh seseorang berupa script code.
 
Kode tersebut berisi perintah-perintah untuk menampilkan layout tertentu yang sudah dibuat dan di-bundle mejadi satu file. Biasanya file template ini berjenis XML.
 
Setelah mengetahui dan memahami definisi template di atas. Saya akan share mengenai Template Fiksionerfitur-fitur dan kelebihan apa saja yang ada di template ini.
 

Penamaan dari Template Fiksioner

Template Fiksioner yang dibuat oleh Igniel untuk platform blogspot ini gratis. Mulai rilis pada tanggal 3 Oktober 2018 dan updates v2 pada 3 Oktober 2019. Dari segi tampilannya memang didesain lebar dan besar, dirancang spesial untuk kebutuhan blog pribadi; seperti jurnal perjalanan atau juga seperti menulis cerita fiksi.
 
Maka dari itu, beliau menamai template ini menjadi Template Fiksioner. Seiring berjalannya waktu, template ini juga banyak digunakan oleh para blogger dengan niche konten yang beragam. Template Fiksioner ini memang simple dan fleksibel, sangat cocok dan tepat digunakan untuk kebutuhan apa pun.
 
Dari keterangan beliau, ”Sempat terpikirkan untuk menjadikannya berbayar. Karena, fitur yang ada di dalamnya sangat mumpuni dan membuatnya mampu bersaing dengan template premium lain. Struktur datanya rapi, markup HTML dan CSS-nya valid W3C, tampilannya tidak pasaran.
 
Semua aspek sudah dipertimbangkan dengan matang. Namun setelah dipikirkan lagi, beliau memutuskan untuk membuatnya tetap gratis”. Template Fiksioner ini bentuk partisipasi beliau dalam meramaikan koleksi template blogger buatan Indonesia.
 

Fitur-Fitur dari Template Fiksioner

1. Layout v3 dan Widget v2

Ini adalah versi terbaru dan tercanggih dari template blogger, sudah jelas sangat up to date.

2. Auto Shrink Menu on Scroll

Salah satu variasi yang diterapkan di Template Fiksioner, yaitu menu yang otomatis memanjang sampai ujung layar ketika ada aktivitas gulir (scroll).

3. Multi Related Post

Artikel terkait yang disebar rata ke dalam postingan. Tidak menumpuk di satu tempat (kebanyakan di tengah), seperti related post pada umumnya.

4. Valid Google Structured Data

Struktur HTML yang benar dan rapi akan membuat blog lebih mudah dikenali dan diindeks oleh mesin pencari.

5. Support Blogger Theme Designer

Untuk mengubah font, warna, dan tampilan lainnya cukup dilakukan melalui Blogger Theme Designer. Tidak perlu pusing mengedit kode HTML.

6. Mobile dan SEO Friendly

Seperti yang diketahui, sekarang ini orang lebih banyak mengakses internet melalui smartphone. Maka dari itu, tampilan mobile sangat penting. Google menyukai website dan blog yang mobile friendly seperti Fiksioner ini.

7. Responsive

Tampilannya dinamis mengikuti ukuran layar semua jenis perangkat.

8. Super Fast Loading

Waktu muat halamannya sangat cepat sehingga membuat blog menjadi ringan.

9. Komentar Blogger Terbaru

Tampilan kotak komentarnya sudah terbaru, lebih modern dan elegan.

  • Schema Markup.
  • Breadcrumbs.
  • Panduan Penempatan Iklan.
  • Share Button ke Berbagai Media Sosial.
  • Back to Top.
Pada artikel ini, tidak ada tendensi perihal apa pun. Saya menulis review ini atas dasar minat pribadi, karena saya sudah menggunakan Template Fiksioner ini dan cukup puas untuk saya pasang dan gunakan. Semisal lain waktu tersedia Template Fiksioner berbayar yang premium, saya tertarik untuk membelinya.
 
Jikalau Anda tertarik dan minat untuk menggunakannya, silakan Anda kunjungi link Demo Template Fiksioner. Semoga artikel review ini bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya guys.