4 Jenis-Jenis Jaringan Internet

Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP).

Pada artikel ini, saya akan share jenis-jenis jaringan komputer. Setiap jaringan komputer memiliki pola atau bentuk desain yang disebut juga dengan topologi jaringan komputer. Perkembangan teknologi informasi pada saat ini terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia yang menginginkan kemudahan, kecepatan, dan keakuratan dalam memperoleh informasi. Bentuk informasi menjadi beraneka ragam, semisal di bagian teknologi jaringan komputer.
Oleh karena itu kemajuan teknologi informasi harus terus diupayakan dan ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. Jaringan komputer adalah sekumpulan yang terdiri dari dua atau lebih komputer, dan juga perangkat lainnya (seperti printer, hard drive eksternal, modem, dan router), yang terhubung melalui media jaringan secara bersama-sama untuk tujuan sharing data dan berkomunikasi.

Secara luas jaringan komputer dapat terhubung ke beberapa lokasi yang terhubung dengan menggunakan layanan yang tersedia dari perusahaan penyedia layanan internet (provider). Jaringan komputer terdiri dari node seperti server, stasiun kerja (workstation), printer, dan sebagainya yang dihubungkan satu sama lain dengan tujuan untuk berbagi informasi. Secara umum di dalam jaringan terdapat beberapa hal seperti berikut:

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) adalah jaringan pribadi di dalam sebuah gedung atau sebuah kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. Local Area Network (LAN) digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam suatu kampus atau perusahaan untuk saling bertukar informasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi Local Area Network (LAN) yang berukuran lebih besar dan menggunakan teknologi yang sama dengan Local Area Network (LAN). Metropolitan Area Network (MAN) dapat mencakup kantor perusahaan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum.

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan internet yang mencakup daerah letak geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. Wide Area Network (WAN) terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program aplikasi pemakai.

4. Wireless Local Area Network (WLAN)

Wireless Local Area Network (WLAN) merupakan sistem komputer yang tanpa menggunakan jaringan kabel, suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak dapat dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah banyak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit yang mampu memberikan koneksi kecepatan tinggi dan akses yang lebih cepat.

Itu tadi uraian tentang jenis-jenis jaringan komputer, semoga bermanfaat untuk kita semua dan silakan Anda share artikel ini untuk pembaca lainnya. Terima kasih.

Related Posts

Subscribe Newsletter