7 Summits Indonesia

Kegiatan mendaki gunung di Indonesia saat ini sudah sangat berkembang pesat. Mulai dari perkembangan gear pendakian yang semakin modern, transportasi yang mudah jika dibandingkan semasa pendakian zaman dulu, logistic yang mudah dibeli di toko-toko terdekat, dan juga teknik ultralight hiking yang sudah mulai diterapkan oleh sebagian pendaki.

Namun, berkegiatan di alam bebas bukanlah kegiatan yang tanpa persiapan dan tidak boleh dikesampingkan oleh penggiat alam. Apalagi kegiatan naik gunung, memang harus sangat diperhatikan dan dipersiapkan secara matang oleh seorang pendaki.

Mulai dari gear pendakian, logistics, survival skill, sikap yang tidak angkuh, bersikap sopan dan santun, beserta kesadaran diri untuk tetap menjaga dan merawat lingkungan alam ini agar tetap lestari. Karena, mencintai dan menjaga alam memang sudah seharusnya dipahami dan diterapkan oleh semua orang tanpa terkecuali.
Wilayah di Indonesia terkenal dengan Ring of Fire atau cincin berapi, terdapat tipe-tipe gunung yang ada di Indonesia. Dari berbagai gunung di Indonesia, terdapat gunung berapi yang masih aktif dan gunung berapi yang sudah tidak aktif.

Jika seven summits dunia, terdapat gunung-gunung tertinggi di setiap benuanya. Maka, di Indonesia juga memiliki 7 puncak-puncak gunung tertinggi di setiap pulaunya. Konsep dari 7 puncak tertinggi yang berada di Indonesia digagas oleh Hendri Agustin, beliau adalah seorang pendaki dan penggiat alam di Indonesia.

Pada artikel ini, saya akan share 7 puncak -puncak gunung tertinggi di setiap pulau-pulau yang ada Indonesia. Silakan simak, berikut ini daftar 7 puncak-puncak gunung tertinggi yang ada di Indonesia;

1. Carstensz Pyramid

Gunung tertinggi yang ada di Indonesia adalah Carstensz Pyramid atau sering disebut Puncak Jaya yang berada di kawasan Pegunungan Jaya Wijaya di Papua Barat, Indonesia. Penamaan Carstensz Pyramid, diambil dari nama penjelajah Belanda yang bernama Jan Carstenszoon. Beliau pertama kali melihat gunung bersalju di daerah tropis pada tahun 1623.

Carstensz Pyramid juga termasuk Seven Summits di dunia, ketinggiannya mencapai 4.884 Mdpl. Puncaknya juga diselimuti salju, tapi sekarang sudah menyusut karena salah satu efek dari global warming. Untuk jalur pendakian Carstensz Pyramid dapat melalui PT Freeport dan Sugapa-Ugimba-Carstensz.

2. Mount Kerinci

Gunung Kerinci berada di wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat, gunung ini berada di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi. Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif dan juga gunung tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Ketinggian gunung tersebut mencapai 3.805 Mdpl, gunung ini juga habitatnya harimau Sumatera, badak Sumatera, dan terdapat danau Gunung Tujuh yang eksotis. Puncak gunung ini disebut Puncak Indrapura, didaki pertama kalinya oleh Von Hasselt dan Veth pada tahun 1887. Untuk jalur pendakiannya dapat melalui Kersik Tuo, dekat kota Sungai Penuh di wilayah Jambi.

3. Mount Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi yang berada di Pulau Bali dan Nusa Tenggara. Gunung ini berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani ketinggiannya mencapai 3.726 Mdpl dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci. Puncak gunung ini disebut Dewi Anjani, di gunung ini juga terdapat danau Segara Anak yang pemandangannya sangat indah.

Untuk jalur resmi pendakiannya dapat melalui Sembalun dan Senaru, akan tetapi jalur tersebut rusak pasca gempa dulu. Sekarang untuk mendaki Gunung Rinjani dapat melalui jalur Desa Aik Berik, selain itu juga dapat melalui jalur Torean, dan Tahura. UNESCO juga sudah menetapkan bahwa Gunung Rinjani termasuk kedalam kawasan GeoPark dunia.

4. Mount Semeru

Gunung Semeru berada di wilayah Jawa Timur, di antara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yang masih aktif, ketinggian gunung ini mencapai 3.676 Mdpl. Saat berada di puncak, setiap waktunya akan terdengar letupan dari kawah Jonggring Saloko. Puncak gunung ini disebut Mahameru atau puncak abadi para dewa.

Batas pendakian yang ditetapkan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hanya sampai Kalimati, di Gunung Semeru juga terdapat danau yang disebut Ranu Kumbolo. Orang pertama yang mendaki ke puncak Mahameru adalah Clignet pada tahun 1838, beliau seorang ahli geologi berkebangsaan Belanda. Untuk jalur pendakian resmi Gunung Semeru dapat melalui jalur Ranupane, selain itu juga dapat melalui jalur Ayek-Ayek.

5. Mount Latimojong

Gunung Latimojong merupakan gunung tertinggi di Pulau Sulawesi, ketinggian gunung ini mencapai 3.430 Mdpl. Gunung ini bukan tipe gunung berapi, gunung tersebut berada di wilayah Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Terdapat beberapa puncak di gunung ini. Salah satunya adalah Puncak Rante Mario, namun ada yang menyebut puncak tertingginya adalah Rantekombala. Untuk rute normal pendakiannya dapat ditempuh dari Desa Karangan.

6. Mount Binaiya

Gunung Binaiya terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah. Gunung ini bukan merupakan tipe gunung berapi. Gunung ini ketinggiannya mencapai 3.027 Mdpl dan untuk batas pendakian hanya diperbolehkan di ketinggian 3.005 Mdpl. Karena puncak tertingginya merupakan kawasan konservasi, maka tidak diperkenankan untuk sembarang orang.

Untuk pendakian dapat ditempuh delapan hari dan track jalurnya sangat bervariasi. Tidak banyak pendaki yang mendaki ke gunung ini, salah satunya faktor biaya pendakian yang cukup mahal. Karena, setiap pendaki harus membayar untuk biaya adat, izin pendakian, penginapan, guide, dan porter. Untuk rute pendakian dari sisi selatan yaitu Desa Piliana dan dari sisi utara yaitu Desa Kanike.

7. Mount Bukit Raya

Gunung Bukit Raya ketinggiannya mencapai 2.278 Mdpl. Gunung ini berada di perbatasan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Gunung ini bukan tipe gunung berapi, lokasi gunung ini berada di Taman Nasional Bukit Baka, Bukit Raya. Sedangkan, di Pulau Kalimantan puncak gunung tertingginya adalah Gunung Kinabalu yang berada di negara Malaysia.

Untuk rute pendakiannya dapat dilalui dari Desa Rantau Malam, akses ke desa ini bisa dilakukan dari Pontianak. Pendakian ke Gunung Bukit Raya juga tersulit seperti halnya pendakian ke Carstensz Pyramid di Papua dan Gunung Leuser di Aceh. Karena, alamnya yang masih sangat terjaga dan vegetasi tumbuhannya sangat rapat.
Itu tadi deskripsi tentang definisi 7 Summits Indonesia, beserta nama-nama puncak gunung tertinggi yang berada di setiap pulau di wilayah Indonesia. Silakan bagikan artikel ini, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Related Posts

Subscribe Newsletter