5 Teknik untuk Meningkatkan Search Engine Optimization

Optimalisasi yang dilakukan pada suatu blog atau website merupakan satu faktor penting untuk perkembangan blog atau website yang Anda kelola. Semisal, dapat Anda lakukan dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO). Akan tetapi, bagi orang yang awam perihal teknologi dan informasi, kata Search Engine Optimization (SEO) merupakan kata asing.

Sebagian mayoritas orang masih kesulitan bagiamana caranya untuk melakukan optimalisasi blog atau website dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Maka dari itu, saya akan berbagi kepada Anda perihal cara optimalisasi blog atau website dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization.
Algoritme pada Google dari waktu ke waktu terus melakukan perubahan dan perbaikan untuk mengindeks suatu blog atau website. Karena itu, untuk mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO) pada blog atau website tidak boleh dikesampingkan.

Supaya blog atau website yang Anda kelola dapat berjalan dengan optimal dan mampu bersaing menjadi peringkat atas di mesin pencari. Lantas, bagaimana caranya untuk meningkatkan Search Engine Optimization (SEO).?

Berikut ini, 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk optimalisasi blog atau website Anda dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO);

1. Riset Keyword pada Konten.

Sebelum membuat konten, seorang penulis akan melakukan riset keyword untuk kepentingan pembuatan konten.

Hal ini bertujuan; agar saat pada waktu penulisan dapat menentukan fokus kata yang akan dipakai dan isi konten tidak melebar dari topik yang akan dibahas. Kata kunci (keyword) merupakan faktor yang perlu Anda perhatikan. Karena, bagi calon pengunjung (visitors) akan mencari berdasarkan informasi yang mereka butuhkan dari konten yang akan Anda buat.

Semakin banyak kata yang dicari untuk pembuatan konten, semakin bagus pula kata kunci tersebut untuk dibuat kontennya, dan juga dikembangkan dengan tujuan untuk optimalisasi Search Engine Optimization (SEO). Cari kata kunci yang relevan dengan konten, semakin relevan akan lebih baik.

2. Buat Konten yang Berkualitas.

Konten yang dibuat secara detail dan dapat menjawab pertanyaan, merupakan konten yang dicari pengunjung, dan juga dapat menunjang trafik pada blog atau website yang Anda kelola.

Karena, teknik menggunakan Search Engine Optimization (SEO) pada konten yang baik adalah; konten yang dapat memenuhi keinginan pembaca dan dapat menjawab pertanyaan atas permasalahan yang ada. Maka dari itu, menulis artikel yang berkualitas sangat dibutuhkan dan juga untuk meningkatkan Search Engine Optimization (SEO).

Hindari menulis artikel yang minim informasi dan jangan melakukan copy paste. Jika Anda mempublikasikan konten yang berkualitas. Maka, robot penjelajah pada mesin pencari akan mengunjungi blog atau website tersebut dan juga dampak positifnya adalah; banyaknya pengunjung (visitors) yang merasa puas mencari informasi dari situs yang Anda kelola dan membuat pengunjung kembali lagi untuk mengunjungi blog atau website tersebut.

3. Memperpanjang Isi Konten yang Dibahas.

Jumlah 250-300 kata memang sudah cukup, jika website tersebut menyediakan konten berita atau konten lain yang bukan jenis konten artikel.

Akan tetapi, jika untuk jenis konten artikel jumlah kata tersebut masih sangat kurang. Karena, artikel yang baik pembahasannya lebih mendalam dan juga disertai data yang valid.

Semakin detail informasinya yang dibuat, maka pembaca semakin puas untuk membaca di situs tersebut, dan artikel yang membuat pembacanya puas akan mendapatkan lebih banyak share dan tentunya backlink.

4. Blog atau Website yang Mobile-Friendly.

Mayoritas orang-orang sekarang ini, lebih banyak membaca dan mencari informasi melalui smartphone.

Karena, perangkat mobile lebih efisien daripada komputer atau laptop. Maka dari itu, blog atau website yang mobile-friendly menjadi fokus utama di mesin pencari.

Menurut studi dari Backlinko, "saat ini 58% volume pencarian datang dari perangkat mobile dan tablet, mengalahkan pencarian dari desktop yang hanya sekitar 42% saja".

5. Optimalisasi Kecepatan pada Blog atau Website.

Satu faktor Google menilai blog atau website yaitu dari kecepatan loading pada situs tersebut. Semakin cepat loading suatu situs, maka akan semakin baik.

Karena, pengunjung (visitors) tidak nyaman jika harus terlalu lama menunggu loading untuk menampilkan halaman situs tersebut, dan tema (template) juga menjadi faktor yang penting untuk meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) yang mobile-friendly.

Hindari juga penggunaan widget yang tidak penting dan javascript eksternal. Untuk menguji kecepatan blog atau website, Anda dapat mengunakan tools; Page Speed Insight atau Gtmetrix.

Kesimpulan;

Search Engine Optimization (SEO) menjadi teknik yang penting untuk dipelajari.  Maka dari itu, belajar Search Engine Optimization (SEO) sangat disarankan untuk Anda, supaya blog atau website yang Anda kelola trafik website-nya meningkat.

Dalam menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) on-page sangat penting saat menyusun konten, sedangkan Search Engine Optimization (SEO) off-page menjadi langkah kedua setelah proses penulisan konten selesai.
Karena, yang terpenting dalam mengelola blog atau website adalah; membuat konten yang berkualitas, menarik, relevan, dan dapat menjawab pertanyaan yang dicari pembaca.

Jika menggunakan WordPress, Anda juga dapat memasang plug-in Search Engine Optimization (SEO) yang dapat Anda coba; yaitu Yoast SEO dan juga masih banyak plug-in lainnya.

Itu tadi penjelasan bagaimana melakukan teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk optimalisasi blog atau website. Semoga artikel ini bermanfaat dan silakan Anda bagikan. Terima kasih.

Related Posts

Subscribe Newsletter